Breaking News

Jenis-jenis Data dalam Jaringan Komputer

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hallo teman-teman kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Jenis-jenis data dalam jaringan komputer. Langsung saja simak penjelasan berikut ini.

A. Pengertian


Jaringan mentransmisikan datanya untuk berbagi dengan orang lain. kemuian data adalah nilai yang mewakili sesuatu. lebih jelasnya
Data adalah setiap rangkaian satu atau lebih karakter yang diberi makna dengan tindakan (tindakan-tindakan) khusus dalam interpretasi. Data dapat berupa karakter apapun, termasuk teks dan angka, gambar, suara atau video.
Dalam penyimpanan komputer, data merupakan kumpulan angka yang direpresentasikan sebagai byte berurutan yang terdiri dari bit (digit biner) yang dapat berupa angka 1 atau 0. Data diproses oleh CPU, yang menggunakan operasi logis untuk menghasilkan data baru (output) dari sumber data (input).

B. Latar Belakang

Mengevaluasi materi CISCO chapter 1

C. Maksud dan Tujuan

Mengetahui jenis-jenis data dalam jaringan komputer.

D. Materi

Jenis-jenis data yang ada di jaringan komputer dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu :

1. Volunteered Data

Adalah data yang berada di jaringan komputer yang mana data tersebut dimiliki semua orang atau milik sendiri, dan cara penginputan data di jaringan secara sukarela. contoh volunteered data adalah data-data baik berupa foto maupun video yang telah kita upload di media sosial.

2. Observed Data

adalah data yang berasal dari hasil rekaman atau observasi oleh individu, kemudian data tersebut disimpan. contoh dari penggunaan observed data adalah di saat kita menggunkan goolemaps dan GPS.

3. Inferred Data

jenis data yang terakhir ini adalah penggabungan dari observed data dan volunteered data. contoh dari penggunnaan data jenis ini adalah di saat kita memakai kartu kredit dan kartu ATM.

KOMPONEN KOMUNIKASI DATA

1. Penghantar/pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data.
2. Penerima, adalah piranti yang menerima data.
3. Data, adalah informasi yang akan dipindahkan.
4. Media pengiriman, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data.
 5. Protokol, adalah aturan-aturan yang berfungsi untuk menyelaraskan hubungan.

E. Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa ada 3 jenis data dalam jaringan komputer yaitu Volunteered Data, Observed Data, dan Inferred Data.

Sekian yang dapat saya sampaikan. Terima Kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

No comments