Breaking News

Apa itu FreeBSD ? yang biasa disebut Setan Merah

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hallo teman-teman kali ini saya akan membahas tentang FreeBSD. Kenapa saya membahas tentang FreeBSD ? Karena Pada saat itu kami kedatangan Pak Andy Hidayat yaitu Seorang Trainer Utama FreeBSD yang biasa dipanggil Mas Pinky / m1m1n. Oke Langsung saja simak pembahasan tentang FreeBSD. Cekkiidot.....


A. Pengertian

FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD-Lite, meskipun pada awalnya FreeBSD rilis 1.0 diturunkan dari sistem operasi 386BSD dan 4.3BSD-Lite.

FreeBSD berjalan di atas sistem arsitektur yang kompatibel dengan Intel x86 (Pentium dan Athlon), amd64 (Opteron, Athlon64, dan EM64T), ARM, IA-64, PowerPC, PC-98, DEC Alpha, dan UltraSparc . FreeBSD rilis 6.4 menjadi rilis terakhir untuk dukungan kepada arsitektur DEC Alpha . FreeBSD merupakan turunan dari Berkeley UNIX. Akan tetapi, FreeBSD tidak bisa dipanggil sebagai Unix.

Kenapa disebut UNIX−like?

Yah, kata “UNIX” adalah sebuah nama trademark (merk dagang) yang dimiliki oleh The Open Group. Jadi kalo kamu punya product operating system, dan ingin diberi nama UNIX, product kamu harus di-certified oleh The Open Group, dan kamu harus bayar uang banyak ke mereka. Karena FreeBSD dibuat bukan untuk profit, maka namanya menjadi UNIX-like.

FreeBSD dirilis dengan berbagai lisensi perangkat lunak terbuka. Kode kernel dan mayoritas kode yang baru ditulis dirilis dengan lisensi BSD 2-ayat yang memperbolehkan semua orang untuk memakai dan mendistribusikan FreeBSD sesuai keinginan mereka. Lisensi ini disetujui oleh Yayasan Perangkat Lunak Bebas dan Open Source Initiative sebagai lisensi perangkat lunak bebas dan lisensi perangkat lunak sumber terbuka.

Berikut beberapa kelebihan dari system operasi FreeBSD :

1. Virus/Spyware yang menyerang sedikit
2. Banyak terserdia aplikasi dan program gratis
3. Relatif mudah dikustomisasi (diutak-atik) secara bebas
4. Multiuser

Sedangkan kekurangan FreeBSD :

1. Relatif sulit penggunaannya, karena masih text base dalam meng-command
2. Dibandingkan Windows, GUI pada FreeBSD masih kurang
3. Bagi para gamers, game system operasi ini sangat sedikit

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/FreeBSD
http://andriyansyah7.blogspot.co.id/2018/02/kenali-setan-merah-yang-secure-satu-ini.html

Sekian. Terima Kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

No comments