Breaking News

Training CISCO hari ke-7

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hallo teman-teman kali ini saya akan membahas tentang training CISCO di BLC Klaten pada hari ke 7. Langsung saja simak pembahasan berikut ini.

A. Pengertian

Cisco adalah sebuah perusahaan yang memiliki dua bidang usaha. Usaha yang pertama adalah didalam pembuatan hardware dan software yang berhubungan dengan jaringan komputer. Kemudian yang kedua adalah di bidang pendidikan yaitu dengan Cisco Networking Academy (CNA).

B. Latar Belakang

Karena workshop Cisco berlangsung selama 3 minggu.

C. Maksud dan Tujuan

Mendalami materi CISCO

D. Pembahasan

Home Network

Jaringan rumah adalah LAN kecil dengan perangkat yang terhubung ke router . Router terhubung ke Internet. Kemungkinan besar, router rumah dilengkapi dengan kemampuan kabel dan nirkabel.

Router rumah biasanya memiliki dua primer jenis port :
Port Ethernet dan
port Internet.

Teknologi nirkabel menggunakan gelombang elektromagnetik untuk membawa informasi antar perangkat.
Teknologi nirkabel yang paling sering digunakan di jaringan rumah berada pada rentang frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz yang tidak berlisensi.
Protokol kabel yang paling sering diterapkan adalah protokol Ethernet. Ethernet menggunakan seperangkat protokol yang memungkinkan perangkat jaringan berkomunikasi melalui koneksi LAN berkabel.

Wireless

Perangkat nirkabel yang mentransmisikan rentang frekuensi yang sama membuat gangguan pada jaringan Wi-Fi. Saluran dibuat dengan membagi spektrum RF yang tersedia. Setiap saluran mampu melakukan percakapan yang berbeda.
Teknologi nirkabel menggunakan metode akses yang disebut Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance (CSMA / CA). CSMA / CA membuat reservasi di saluran untuk percakapan tertentu antar perangkat.


Internet Service Providers 

Internet Service Provider (ISP) menyediakan hubungan antara jaringan rumah dan Internet global. ISP sangat penting untuk komunikasi di Internet. Setiap ISP terhubung ke ISP lain untuk membentuk jaringan tautan yang menghubungkan pengguna di seluruh dunia.

Keamanan di Jaringan Rumah Tangga

Adalah mungkin bagi penyerang untuk menyetel sinyal dari jaringan nirkabel Anda,
Fitur broadcast SSID bisa dimatikan. Setiap komputer yang mencoba terhubung ke jaringan pasti sudah mengetahui SSID. Mematikan Broadcast SSID saja tidak melindungi jaringan nirkabel dari hacker berpengalaman.
Mengubah pengaturan default pada router nirkabel tidak akan melindungi jaringan Anda dengan sendirinya. Dibutuhkan kombinasi beberapa metode untuk melindungi WLAN Anda.
Penyaringan alamat menggunakan alamat MAC untuk mengidentifikasi perangkat mana yang diizinkan untuk terhubung ke jaringan nirkabel.

Perencanaan Keamanan

Langkah-langkah keamanan harus direncanakan dan dikonfigurasi sebelum menghubungkan AP ke jaringan atau ISP.
Beberapa langkah keamanan yang lebih mendasar meliputi:
Ubah nilai default untuk SSID, nama pengguna dan kata sandi
Nonaktifkan broadcast SSID
Konfigurasikan Penyaringan Alamat MAC
Beberapa langkah keamanan yang lebih canggih meliputi:
Konfigurasi enkripsi digunakan WPA2
Konfigurasi authentication
Konfigurasi traffic filtering
Tidak ada tindakan keamanan tunggal yang akan menjaga jaringan nirkabel Anda benar-benar aman. Menggabungkan beberapa teknik akan memperkuat integritas rencana keamanan Anda.

Berikut adalah dokumentasinya:












E. Kesimpulan

Dengan mengikuti Training cisco ini saya bisa belajar lebih dalam lagi tentang jaringan.

F. Referensi

http://ainurrafiramdhani.blogspot.com/

Sekian. Terima Kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

No comments