Breaking News

Cara update grub linux yang tertimpa windows

Assalamualaikum Wr. Wb.


Hallo teman-teman kali ini saya akan sharing tutorial update grub linux yang tertimpa windows. Kenapa saya sharing tentang ini, karena saya mengalaminya. Oke langsung saja simak tutorial berikut ini.

Yang dimaksud dengan grub adalah pemisah os jika dual boot. misal : windows dengan linux, untuk memisahkan digunakannya grub.

Alat dan Bahan
1. Flashdisk
2. Laptop

Langkah-langkahnya :
  • Membuat bootable linux di Flashdisk yang temen temen siapkan, jika belum tau cara membuat bootable pada flashdisk  Disini.
  • Masuk ke Linux dengan menggunakan flashdisk pilih try linux mint
  • Masuk ke terminal atau CTRL + ALT + T .

  • Mengecek partisi linux pada hardisk dengan perintah
sudo fdisk -l

  • Mount partisi linux tersebut dengan perintah berikut
sudo mount /dev/sda4 /mnt

  • Install grub linux
sudo grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda
 
  • Update Grub linux
sudo update-grub



Itulah tutorial update grub linux yang sudah saya alami. dan saya sudah menggunakan cara diatas dan berhasil.

Referensi :
https://syswant.blogspot.co.id/2017/05/cara-update-grub-linux-yang-tertimpa.html

Sekian. Terima Kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

No comments