Management Proyek
Assalamualaikum Wr. Wb.
Hallo teman-teman kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Management Proyek. Langsung saja simak penjelasan berikut ini.
A. Pengertian
Management Proyek adalah Sesuatu rangkaian atau rancangan yang harus kita lakukan dalam jangka waktu tertentu ,dengan sumber daya tertentu untuk mencapai suatu tujuan yang telah kita rencanakan sebelumnya.
1. Planning (Perencanaan) adalah proses yang secara sistematis mempersiapkan kegiatan guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu. Kegiatan diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka pekerjaan konstruksi, baik yang menjadi tanggung jawab pelaksana (kontraktor) maupun pengawas (konsultan). Kontraktor maupun konsultan, harus mempunyai konsep planning” yang tepat untuk mencapai tujuan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.
2. Organizing (Pengorganisasian) dimaksudkan sebagai pengaturan atas suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang, dipimpin oleh pimpinan kelompok dalam suatu wadah organisasi. Wadah organisasi ini menggambarkan hubungan-hubungan struktural dan fungsional yang diperlukan untuk menyalurkan tanggung jawab, sumber daya maupun data.
3. Actuating (Penggerakan) diartikan sebagai fungsi manajemen untuk menggerakkan orang yang tergabung dalam organisasi agar melakukan kegiatan yang telah ditetapkan di dalam planning. Pada tahap ini diperlukan kemampuan pimpinan kelompok untuk menggerakkan; mengarahkan; dan memberikan motivasi kepada anggota kelompoknya untuk secara bersama-sama memberikan kontribusi dalam menyukseskan manajemen proyek mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
4. Controling (Pengendalian) diartikan sebagai kegiatan guna menjamin pekerjaan yang telah dilaksanakan sesuai dengan rencana. Didalam manajemen proyek jalan atau jembatan, controlling terhadap pekerjaan kontraktor dilakukan oleh konsultan melalui kontrak supervisi, dimana pelaksanaan pekerjaan konstruksinya dilakukan oleh kontraktor. Pengawas Umum (General Superintendat) berkewajiban melakukan Pengendalian (secara berjenjang) terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh staf di bawah kendalinya yaitu Site Administration, Quantity Surveyor, Materials Superintendant, Construction Engineer, dan Equipment Engineer untuk memastikan masing-masing staf sudah melakukan tugasnya dalam koridor “jaminan kualitas (quality assurance)”. Sehingga, tahap-tahap pencapaian sasaran sebagaimana direncanakan dapat dipenuhi.
B. Latar Belakang
Kita membuat management proyek agar target yang telah kita buat bisa tercapai.
C. Maksud dan Tujuan
1. Supaya target yang telah kita buat dapat tercapai
2. Agar saat kita melakukan pekerjaan dapat memiliki batas atau aturan-aturannya
D. Kesimpulan
Agar kita lebih mudah mencapai target yang ingin kita capai, kita buat dulu management proyek untuk rancangan untuk mencapai tujuan kita.
Sekian penjelasan tentang Management Proyek. Terima Kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Hallo teman-teman kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Management Proyek. Langsung saja simak penjelasan berikut ini.
A. Pengertian
Management Proyek adalah Sesuatu rangkaian atau rancangan yang harus kita lakukan dalam jangka waktu tertentu ,dengan sumber daya tertentu untuk mencapai suatu tujuan yang telah kita rencanakan sebelumnya.
1. Planning (Perencanaan) adalah proses yang secara sistematis mempersiapkan kegiatan guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu. Kegiatan diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka pekerjaan konstruksi, baik yang menjadi tanggung jawab pelaksana (kontraktor) maupun pengawas (konsultan). Kontraktor maupun konsultan, harus mempunyai konsep planning” yang tepat untuk mencapai tujuan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.
2. Organizing (Pengorganisasian) dimaksudkan sebagai pengaturan atas suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang, dipimpin oleh pimpinan kelompok dalam suatu wadah organisasi. Wadah organisasi ini menggambarkan hubungan-hubungan struktural dan fungsional yang diperlukan untuk menyalurkan tanggung jawab, sumber daya maupun data.
3. Actuating (Penggerakan) diartikan sebagai fungsi manajemen untuk menggerakkan orang yang tergabung dalam organisasi agar melakukan kegiatan yang telah ditetapkan di dalam planning. Pada tahap ini diperlukan kemampuan pimpinan kelompok untuk menggerakkan; mengarahkan; dan memberikan motivasi kepada anggota kelompoknya untuk secara bersama-sama memberikan kontribusi dalam menyukseskan manajemen proyek mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
4. Controling (Pengendalian) diartikan sebagai kegiatan guna menjamin pekerjaan yang telah dilaksanakan sesuai dengan rencana. Didalam manajemen proyek jalan atau jembatan, controlling terhadap pekerjaan kontraktor dilakukan oleh konsultan melalui kontrak supervisi, dimana pelaksanaan pekerjaan konstruksinya dilakukan oleh kontraktor. Pengawas Umum (General Superintendat) berkewajiban melakukan Pengendalian (secara berjenjang) terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh staf di bawah kendalinya yaitu Site Administration, Quantity Surveyor, Materials Superintendant, Construction Engineer, dan Equipment Engineer untuk memastikan masing-masing staf sudah melakukan tugasnya dalam koridor “jaminan kualitas (quality assurance)”. Sehingga, tahap-tahap pencapaian sasaran sebagaimana direncanakan dapat dipenuhi.
B. Latar Belakang
Kita membuat management proyek agar target yang telah kita buat bisa tercapai.
C. Maksud dan Tujuan
1. Supaya target yang telah kita buat dapat tercapai
2. Agar saat kita melakukan pekerjaan dapat memiliki batas atau aturan-aturannya
D. Kesimpulan
Agar kita lebih mudah mencapai target yang ingin kita capai, kita buat dulu management proyek untuk rancangan untuk mencapai tujuan kita.
Sekian penjelasan tentang Management Proyek. Terima Kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
No comments