Breaking News

Pengertian Roadmap

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hallo teman-teman disini saya akan menjelaskan sedikit tentang Roadmap. Langsung saja simak penjelasan berikut ini.

A. Pengertian



Roadmap  merupakan peta atau panduan yang di gunakan sebagai petunjuk arah jalan. atau dengan kata lain Roadmap adalah rencana rinci yanag memuat tahapan sistematis mengenai pelaksanaan suatu program kegiatan dalam kurun wakttu tertentu.

B. Latar Belakang

C. Maksud dan Tujuan

ada beberapa hal yang menjadi tujuan terbentuknya roadmap, diantaranya:

1. Menjadi instrumen yang akan memandu perubahan di lingkungan kegiatannya sesuai dengan karakteristik yang dimilikinya.
2. Menjadi instrumen yanag mempersatukan seluruh kegiatan dalam lingkungna yang membatasinya.
3. Menjadi instrumen yang meberika petunjuk tentang darimana dan akan kemana perubahan dilakukan dalam rangka mensukseskan program.
4. Merupakan dokumen yang menjadi acuan melakukan perubahan setiap individu di bidangnya.


D. Prinsip Dasar Roadmap

agar tujuan tercapai maka kita memperlukan prinsip-pinsip dasar roadmap, diantaranya:

1. Jelas : road map harus mudah di pahami dan dapat di laksanakan.
2. Ringkas: road map di sajikan secara ringkas dan padat sesuai format yanag di tentukan.
4. Terukur : program, kegiatan, target, waktu, outputs, dan outcoms harus dapat diukur.
5. Adjustable : road map dapat mengakomodasikan umpan balik dan perbaikan yang di perlukan.
6. Terinci : road map merupakan rincian dari pelaksanaan kegiatan dan hasil kegiatan tersebut.
7. Komitmen : road map merupakan kesepakatan bersama yang memberikan gambaran kesadaran akan tnggungjawab yang harus di selesaikan.
8. Dokumen resmi : road map harus menjadi dokumen resmi yang dapat di tetapkan dalam lingkungan kerja yang bersangkutan.

E. Sistematika Roadmap

  • Ringkasan eksekutif
  • Pendahuluan
  • Konsolidasi rencana aksi program dan kegiatan:
a). Pencapaian
- melaksanakan assessment terhadap kondisi organisasi saat ini.
- mengidentifikasi berbagai permasalahan yang memberikan pengaruh 
  pada pencapaian kinerja organisasi.
- mengidentifikasi berbagai pencapaian kinerja dan faktor yang 
  menjadi kunci keberhasilan.

b). Rencana:
 
- melakukan assessment terhadap kondisi kinerja saat ini.
- mengidentifikasi berbagai kelemahan yang perlu di perbaiki agar 
memiliki kemampuan untuk mewujudkan kinerja organisasi yang di harapkan.
- merumuskan tujuan dan sasaran (tahunan).
- menyusunkan rencan program, kegiatan dan tahapan kerja.
- merumuskan agenda prioritas

c). Kriteria keberhasilan:
 
Indikator adalah sebuaha instrumen yang memberikan informasi atau 
sebuah variabel , yang bertujuan mengukur variabel perubahan atau proses.
     Dari jenisnya indikator dapat di bedakan menjadi indikator keluaran  
     (output) dan indikkator hasil (outcom) smentara dari cara pengukuran dapat      di bedakan  akan kepada indikator kuantitas (kuantitative indicator).  

d). Agenda prioritas
 
Dampak yang di timbulkan dari kegiatan dan aktivitas (tahapan kerja) yang  
di lakuakan terhadap setiap kinerja saat ini. Dampak yang di timbulkan dari 
kegiatan & aktivitas (tahapan kerja) yang di lakukan terhadap kegiatan dan 
aktivitas (tahapan kerja) lainnya. Sekuensi dari kegiatan dan aktivitas 
(tahap  kerja) lainnya. 

e). Waktu Pelaksanaan dan tahapan kerja
f). Penanggung Jawab
g). Rencana anggaran

F. Kesimpulan

Jika kalian mempunyai hal yang ingin dilakukan buatlah roadmap terlebih dahulu agar lebih mudah untuk mencapai hal yang diinginkan.

Sekian penjelasan tentang Roadmap. Terima Kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

No comments